5 Metode Listening Ini Hanya Kamu Dapat di Kampung Inggris

By | 01/06/2019

5 Metode Listening Ini Hanya Kamu Dapat di Kampung Inggris

Kegiatan listening dalam proses pembelajaran bahasa Inggris kerap terabaikan oleh siswa Kampung Inggris. Masih banyak yang berpikir jika membiasakan listening setiap hari bukanlah sesuatu yang penting. Nggak perlu ngambil program segala, toh kita bisa dengerin audio berbahasa Inggris sendirian, pikir mereka. Yakin sudah menyimak dengan baik? Padahal, jika nggak dibiasakan kamu akan kesulitan memahami lawan bicara, apalagi dia turis asing, atau mencerna apa yang diucapkan pembawa berita saat kamu mendengarkan BBC News atau VoA News.

Kenapa listening itu penting? Karena ia bagian dari input yang akan menghasilkan output berupa speaking. Beberapa member Kampung Inggris berhasil mendapatkan aksen British atau American mereka dikarenakan mempunyai hobi mendengarkan podcast atau audio dari AJ Hoge. Lalu, bagaimanakah kelas-kelas Kampung Inggris mendorong siswanya agar gemar ‘mendengar?’ Ini dia gambarannya!

  1. Jika Kamu Seorang Pemula di Kampung Inggris, Ambillah Program FUNLISTENING Agar Kecintaanmu pada Bahasa Inggris Makin Besar

Ya, biasanya bagi pemula mereka direkomendasikan untuk mengambil program funlistening di kelas Kampung Inggris. Ini bertujuan menanamkan mindset pada mereka kalau belajar bahasa Inggris bisa dengan cara menyenangkan, yakni dengan mendengarkan musik. Sembari mendengarkan lagu-lagu asyik, mereka dapat mengisi kata atau frasa yang hilang pada secarik kertas berisi lirik lagu yang sedang diputarkan. Latihan ini biasanya disebut dengan fill the blank. Lagu diputarkan 2 atau 3 kali tergantung tingkat kesulitannya. Setelah itu mereka dapat membedah kosa kata sulit, cara pelafalan hingga makna lirik tersebut.

  1. Terkadang Kamu Diputarkan Sebuah CERITA BERDURASI PENDEK yang Dilanjutkan dengan Pemberian Kuis oleh Tutor

Cara asyik belajar listening di Kampung Inggris lainnya yakni tutor memutarkan sebuah cerita berdurasi pendek, semisal dongeng atau film pendek. Kecepatan suara menyesuaikan dengan kemampuan para siswa. Siswa diarahkan untuk menonton dengan seksama (tanpa subtitle). Mereka boleh membawa kertas untuk menulis poin-poin cerita. Jika masih banyak yang belum paham, pengajar dapat memutarkan sekali lagi. Setelah selesai, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, minta mereka berdiskusi sejenak tentang cerita tersebut. Lalu, tutor melemparkan sebuah kuis yang harus dijawab oleh masing-masing kelompok secara rebutan. Grup yang menjawab pertanyaan paling sedikit akan mendapat funpunishment ala Kampung Inggris.

  1. Untuk Membantu Speaking-mu Agar Lebih Natural, Terkadang Tutor Memutarkan AUDIO CONVERSATION

Pemutaran audion conversation di kelas Kampung Inggris ini bertujuan agar telingamu peka mendengarkan percakapan sehari-hari native speaker. Biasanya kamu juga akan mendapatkan tambahan slank atau idiom dari tokoh yang berbicara. Biasanya tutor mengambilkan materi dari Podcasts British Council, Natural Conversations atau sumber lainnya. Setelah selesai, siswa akan mendapatkan tugas bermain peran bersama seorang teman di kelas lalu memberi tugas mereka mengimitasi suara para tokoh dengan merekamnya kembali. Setelah itu, rekaman dikumpulkan kepada tutor untuk dikoreksi serta diberi masukan.

  1. Selain Belajar Listening, Kamu Juga Akan Mendapatkan Banyak Informasi serta Pengetahuan dari BERITA ATAU ARTIKEL yang Diputarkan oleh Tutormu

Setelah funlistening, terdapat kelas listening lanjutan di Kampung Inggris yang memberikan materi dengan bobot lebih tinggi dari kelasmu sebelumnya. Ya, tutor biasanya memutarkan audio berita atau artikel yang dapat kamu simak dengan hati-hati. Setelah sebagian siswa cukup paham, pengajar akan menunjuk salah satu siswa secara bergantian untuk menjawab pertanyaan atau menceritakan ulang apa yang telah didengarnya. Tutor di Kampung Inggris juga terkadang memberikan latihan dengan membagikan kertas berisi informasi true or false untuk dipilih siswa berdasarkan audio yang telah didengarnya.

  1. Tak Ketinggalan, Lembaga Kursus Kampung Inggris Pun Menyediakan Program LISTENING FOR ACADEMIC PURPOSE

Program ini biasanya banyak diminati oleh mereka yang ingin mempersiapkan diri menghadapi salah satu section tes TOEFL atau IELTS. Pembelajaran listening di kelas akademik Kampung Inggris menyesuaikan soal-soal yang biasanya keluar pada official test. Sehingga para pengajar harus mempersiapkan beragam referensi soal untuk dikerjakan siswanya. Model pembelajarnya yakni tutor menjelaskan sedikit teori yang berhubungan dengan soal hari itu, lalu siswa mengerjakan soal, dan sesi terakhir pembahasan yang dibarengi dengan tanya jawab.

Paham karena terbiasa mendengar, itulah pesan yang harus kamu tanamkan dalam dirimu sebelum mengambil program Listening di Kampung Inggris dengan gambaran pengajaran kelas yang telah dijelaskan di atas. Bagaimana menurutmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *