7 Singkatan Istilah Grammar Kampung Inggris

By | 07/06/2019

7 Singkatan Istilah Grammar Kampung Inggris

Istilah Grammar Kampung Inggris punya keunikan sediri. Istilah ini mungkin sudah familiar di telinga polisi bahasa, atau para member grammar Kampung Inggris. Apapun yang mereka baca atau dengar biasanya tak luput dari analisis, baik itu segi pemilihan kata, penggunaan tenses serta printilan-printilan lainnya. Jadi jangan tersinggung jika tiba-tiba ada anak grammar memotong speaking-mu karena mereka menemukan kesalahan penggunaan “be” saat kamu menyebutkan dia laki-laki dengan “he have…” Mungkin telinganya gatal sehingga ingin buru-buru membenarkannya.

Selain itu, member Grammar Kampung Inggris juga telah terbiasa dengan hafalan yang bejibun. Saking banyaknya materi, beberapa tutor Kampung Inggris membuat modul Grammar yang dipenuhi dengan singkatan-singkatan. Tujuannya sih biar mudah diingat. Nah, bagi kamu yang ngaku anak Grammar, mungkin sudah nggak asing dengan singkatan-singkatan di bawah ini.

1. Biar Ngirit Waktu Nyatet, Deretan Frasa Ini Cukup Ditulis dengan NP, AP, dkk…

Siswa Grammar dasar Kampung Inggris pasti akan melewati bab ini. Dalam Komponen Bahasa Tulis (KBT) terdapat materi tentang macam-macam frasa. Frasa yang intinya berupa kata benda disebut Noun Phrase (NP), contohnya old book. Nah, kalau frasa yang intinya adalah kata sifat disebut Adjective Phrase (AP), misalnya very hot. Untuk lebih jelasnya mengenai macam-macam frasa dalam bahasa Inggris, kamu bisa ngambil program Grammar I di Kampung Inggris. Selain 2 frasa di atas, kamu juga akan nemuin singkatan-singkatan frasa lainnya yang membuatmu mudah mengingat.

2. Yang Nggak Kalah Njlimet Kamu Harus Bisa Mengidentifikasi “H” dan “M” pada Setiap Gabungan Kata

Anak Grammar Kampung Inggris mungkin sudah nggak asing lagi dengan 2 huruf itu. Mereka biasanya akan mendapat latihan menganalisis frasa atau kalimat dengan menentukan mana Head (H) dan Modifier (M). Nyambung dengan penjelasan frasa di atas, “H” atau head di sini maksudnya adalah inti dari sebuah frasa tersebut dan “M” atau modifier bermakna penjelas dari inti yang dimaksud. Contohnya old book di atas, book adalah “H” dan old itu “M.” Buku yang apa? yang tua, begitulah kira-kira penjelasannya. Sudah paham kan? Kalau belum, sok atuh ke Kampung Inggris.

3. Ketika Mengidentifikasi Kalimat, Jangan Sampai Kebalik Ya Antara “MC” dan “SC”

Masuk ke pertemuan selanjutnya, kamu juga akan mendapat penjelasan tentang klausa (clause) di kelas Grammar Kampung Inggris. Apa itu klausa? Betul, rangkaian kata yang bermakna, yang berpola Subject+Verb (S+V) yang membentuk kalimat atau bagian dari kalimat. Ada 2 jenis klausa yang akan kamu pelajari bersama tutormu di Kampung Inggris, yakni Main Clause (MC) atau induk kalimat dan Sub Clause (SC) yang berarti anak kalimat. Kalau MC dapat berdiri sendiri dan berpotensi membentuk kalimat, sebaliknya SC nggak bisa berdiri sendiri dan nggak berpotensi membentuk kalimat. Misalnya, I am happy because he gives me flower. Kalimat pertama disebut MC, sedangkan kalimat yang diawali kata hubung because disebut SC. Semoga kamu paham ya.

4. Anyway, “WO” Adalah Hal Terpenting yang Harus Kamu Hafalin di Kelas Grammar Kampung Inggris

Yap! Selain menjelaskan definisi dan jenis, tutor Grammar di Kampung Inggris biasanya menuliskan Word Order (WO). Gampangnya WO itu pola atau rumus yang harus kamu hafalin agar struktur kata atau kalimat tersebut tertulis dengan benar. Misalnya kalimat past tense, WO-nya adalah S+V2 (Subject+Verb past). Banyak sekali pola-pola yang harus kamu pahami agar nilamu nggak jeblok waktu memasuki ujian Grammar. Selain itu, rumus-rumus ini juga akan bermanfaat ketika kamu menulis atau berbicara dalam bahasa Inggris.

5. Yang Nggak Tahu Apa Itu “SVA,” Tanya Deh Sama Tutor Grammar-mu di Kampung Inggris

Subject Verb Agreement atau yang biasa disingkat dengan SVA adalah salah satu materi Grammar lanjutan di Kampung Inggris. SVA merupakan penyesuaian kata kerja (verb) dengan subjek dalam hal jumlah (jamak atau tunggal). Subjek bisa berupa noun atau pronoun. Contohnya, Dira writes letter, Dira sebagai subjek, writes sebagai verb, sedangkan letter berfungsi sebagai objek. Gabungan S+V dengan imbuhan “s” adalah penyesuaian yang telah terdapat dalam pola SVA. Masih bingung? Segera bikin agenda gih buat belajar Grammar di Kampung Inggris.

6. Biar Nggak Pusing Ngehafalin Kelas Kata Bahasa Inggris yang Seabrek, Pakai Cara “PANCAVIP” Aja!

Mungkin singkatan ini hanya kamu temuin di kelas-kelas Grammar Kampung Inggris. PANCAVIP adalah singkatan huruf pertama dari semua kelas kata dalam bahasa Inggris atau biasa disebut dengan part of speech (PoS), yaitu Pronoun, Adjective, Noun, Conjunction, Adverb, Verb, Interjection dan Preposition (kata ganti, kata benda, kata hubung, kata keterangan, kata kerja, kata seru dan kata depan. Nggak perlu repot-repot ngehafalin satu per satu, kamu bisa pakai cara mudah ini agar lebih cepat mengingat dan memahami kelas kata dalam bahasa Inggris. PANCAVIP akan kamu temukan di modul Grammar beberapa lembaga di kursus Kampung Inggris. Simpel kan?

7. Metode yang Sama juga Bisa Kamu Gunain Waktu Ngehafalin Anggota Limiting Adjective yang Biasa Disingkat denga “ADPIN”

Nggak kalah dengan PANCAVIP, singkatan ADPIN ini juga udah populer di kalangan anak-anak Grammar Kampung Inggris. ADPIN merupakan anggota dari salah satu jenis kata sifat (adjective), yaitu Limiting Adjectives (LA). Dari namanya saja sudah limit, jadi fungsinya tak jauh-jauh dari membatasi. Maksudnya, ADPIN ini bagian dari kata sifat yang membatasi kata benda (noun). Mereka terdiri dari Article (a, an, the), Demonstrative Adjective (this, that), Possessive Adjective (my, your, our), Indefinite Adjective (several, some, few, little) dan Numeral Adjective (first, one). Lebih mudah kan menghafalnya? Syukurlah kalau sudah bisa.

Setiap program di Kampung Inggris pasti mempunyai ciri khasnya masing-masing. Begitu pula dengan kelas Grammar. Singkatan-singkatan di atas hanya satu dari sekian cara memudahkanmu menghafal serta memahami materi Grammar yang terkenal rumit dan sulit. Namun, ketika kamu datang ke Kampung Inggris dijamin pandanganmu selama ini berubah. Nggak percaya? Datang aja ke sini. Ditunggu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *