cara cepat belajar bahasa inggris

By | 19/05/2019

cara cepat belajar bahasa inggris

Pernah ga sih kamu dipaksa atau terpaksa menerima materi yang bukan kamu banget? Dalam arti lain,  kamu selalu menghindari untuk mempelajarinya karena beberapa alasan. Kemungkinan karena materi itu membosankan buatmu atau tidak ada passion dari apa yang harus kamu pelajari. Bisa juga hal tersebut terjadi disebabkan kamu akan pusing setengah mati karena tidak cepat mengerti mengenai hal itu. Berikut ini akan kami bagikan tips mengenai cara cepat belajar bahasa inggris.

Foto: expertbeacon

So, willy nilly, dalam mempelajari sesuatu, bagi kamu yang kita butuh metode yang memudahkan untuk memahaminya. Apalagi sesuatu tersebut terasa begitu sulit untuk diterima otak kita dengan cepat. Tentu tidak akan ampuh dong jika melakukannya dengan cara yang lumrah atau general. Lalu, what should we do? Tips di bawah ini sangat tepat buat kamu yang mencari cara mudah belajar bahasa inggris bagi pemula.

Ada 8 cara yang bisa kamu lakukan untuk mudah mengingat sesuatu yang sulit. Ini berdasarkan arahan dari Alex Lickerman, M.D.,  seorang internis umum dan mantan Direktur Perawatan Primer di Universitas Chicago dan telah menjadi praktisi Buddhis sejak 1989. Delapan cara ini tentu sangat cocok pula diterapkan dalam belajar bahasa Inggris yang mungkin bagimu sulit dan njelimet. Apa saja delapan cara tersebut? cekidot!

  1. Become interested in what you're learning.

Segala hal yang tidak menarik perhatianmu pasti akan lebih lama diingat dari pada sesuatu yang menjadi ketertarikanmu. Jika demikian, maka cara ini bisa menjadi siasat yang mempercepat daya ingatmu. Jadikan bahasa Inggris lebih mudah melalui hal-hal yang kamu suka. Semisal kamu adalah fans fanatik Justien Bieber, maka berlatihlah speaking atau writing dengan mengangkat topik tentang kehidupannya. Secara tidak langsung kamu akan menambah pembendaharaan kosa katamu dan semakin mahir berbahasa Inggris tanpa merasa tersiksa.

  1. Find a way to leverage yourvisual memory.

Metode bagian ini dilakukan dengan menggambarkan setiap sesuatu yang sulit diingat melalui salah satu karakteristik yang ada pada sesuatu tersebut. Ibarat  nih yaa kamu sedang belajar tenses yang mana itu adalah materi paling memusingkan ketika belajar bahasa Inggris, maka setiap rumus dari 16 tenses tersebut bisa kamu pahami dengan cara memvisualisasikannya. Semisal kamu menggambarkan simple past dengan beruang, lalu buatlah contoh tentang beruang dengan rumusnya, atau kamu membayangkan present perfect continuous sebagai Iron Man dan buat juga contoh menggunakan pola kalimatnya yang ada unsur Iron Man. Begitu pun dengan tenses-tenses lainnya. Kamu tinggal mengkorelasikan tenses dengan visualisasimu. Mudah, kan?

  1. Create a mental memory tree.

Pohon memori? Apakah itu? Begini nih, setiap kali kamu mau mengingat hal baru yang sulit, metode pohon memori akan memudahkanmu untuk menghafal lebih cepat. Caranya tentukan ranting dari hal baru tersebut terlebih dahulu, kemudian daunnya. Masing-masing dari ranting dan daun harus memiliki label tersendiri yang bisa kamu ingat secara visual. Jadi kamu tidak perlu menghafal keseluruhan secara langsung, namun bagilah part demi part dari hal baru yang banyak itu. Misalkan saja saat kamu mencoba menghafal nomer ponsel orang lain yang njelimet. Akan lebih mudah mengingat 087-715-263-881 dari pada 12 digit secara langsung.

  1. Associate what you're trying to learn with what you already know.

Tidak perlu muluk-muluk untuk menjadi cepat menyerap ilmu baru apalagi yang sulit untukmu. Akan tetapi hubungkan saja materi tersebut dengan hal-hal yang banyak kamu ketahui . Jika kamu suka tentang kereta, maka hubungkanlah dengan segala hal yang berkaitan dengan kereta. Dengan begitu, niscaya kamu akan lebih santai untuk memahaminya. Bila kamu berupaya untuk mengerti namun dengan sesuatu yang tidak kamu ketahui, it’s nonsense! Mau kamu belajar sembari jungkir balik, ga akan nyantol di otakmu.

  1. Write out the items to be memorized over and over and over.

Nah, part ini mengharuskanmu untuk menuliskan segala hal yang susah sekali untuk diingat. Melakakukan hal demikian secara tidak langsung akan memperkuat ingatanmu sebab perulangan dan kebiasaan. Dibuat have fun saja, guys! Apalagi di jaman sekarang yang serba digital, jika kamu malas tulis tangan maka bukan tidak mungkin lah yaa sesekali kamu menuliskannya di media sosialmu. Kamu sangat bisa berlatih dengan cara memposting statusmu di medsos menggunakan bahasa Inggris. Awal-awal banyak salah itu wajar, tidak perlu takut akan dibully netizen. Poin utamanya adalah keberanian dan percaya diri atas aktualisasi dari ilmu yang kamu pelajari.

  1. When reading for retention, summarize each paragraph in the margin.

Kalau cara ini perlu kamu terapkan ketika membaca untuk mengingat. Cobalah meringkas setiap paragrafnya agar lebih simple dan gunakan gaya bahasamu sendiri. Jangan berhenti pada membaca saja, namun terapkan apa yang sedang kamu pelajari. Hal tersebut amat penting dan tentunya lebih kamu ingat daripada sekadar membaca.

  1. Do most of your studying in the afternoon.

Mungkin kamu mengklasifikasikan dirimu sebagai “morning person” atau bisa jadi juga “evening person”. Namun dalam sebuah studi menunjukkan bahwasanya kemampuan menghafal ternyata tidak banyak dipengaruhi oleh jam berapa kamu belajar, akan tetapi dipengaruhi waktu dimana kamu benar-benar belajar. Dan sore hari adalah waktu terbaik untuk me-review segala hal yang sudah kamu pelajari karena pada sore hari, otak memasuki fase semantic memory.

  1. Get adequate to consolidate and retain memories.

Sedikit banyaknya istirahat yang kamu lakukan sangat berpengaruh terhadap daya tahan otak untuk menyimpan ingatan. Tidurlah yang cukup agar ilmu yang sulit sekalipun bisa kamu kuasai dengan baik. Tidak perlu memaksakan otak secara terus menerus, sebab sedikit demi sedikit asalkan konsisten akan lebih berguna, guys. Terlebih ketika kamu akan menghadapi ujian, hindari untuk belajar sepanjang malam ya! Selain karena kamu bakal punya mata panda, cara tersebut juga tidak tepat untuk mengingat dalam jangka panjang.

Setelah mengetahui delapan cara ini, lalu mau apa lagi? Jangan cuma bengong, guys. Awas kesambet! Yuk segera praktekkan dan share pengalamanmu! (Mil)