Cara Efektif Menulis dalam Bahasa Inggris

By | 23/05/2019
cara menulis dalam bahasa inggris

cara efektif menulis dalam Bahasa Inggris

Kamu tertarik buat menulis dalam Bahasa Inggris dengan efektif? Untuk membuat tulisan secara efektif dalam Bahasa Inggris, pasti kamu merasa kesulitan di tahap awalnya. Misal, buntu karena kehabisan ide, kurang kosa kata, kalimat dirasa muter-muter, dan banyak hal lainnya, untuk itu kamu harus tau mengenai tips nulis bahasa inggris! Writing adalah salah satu bidang pada pembelajaran Bahasa Inggris aktif. Ada beberapa  bidang lainnya seperti speaking, reading, dan listening. Tiap bidang tersebut pasti ada kesulitannya masing-masing.

Nah, kali ini kamu mesti tahu dulu gimana caranya membuat tulisanmu dalam Bahasa Inggris yang efektif. Berikut ini langkah-langkah yang mesti kamu tempuh.

Tapi tunggu dulu....

Sebelum menuju langkah strategis, jangan lupa sama modal yang paling penting buat tulis-menulis berbahasa Inggris ini yaitu NIAT.

1. Tulis kalimat yang ringkas

Ada yang bilang, hal yang memperlemah tulisan itu pengulangan kata. Ini juga berlaku dengan tulisan dalam Bahasa Inggris. Kamu mungkin pernah merasa tulisan Bahasa Inggrismu mengandung kata yang berulang-ulang.

Percayalah, tiap kalimat panjang pasti bisa diperpendek. Kamu tinggalkan kata-kata yang tidak punya kekuatan di dalam kalimat Bahasa Inggris yang sedang kamu buat.

Kamu bisa menggunakan satu kata saja untuk menerangkan satu arti, atau bisa menambahkan dengan kelas kata yang lain untuk penekanannya.

Intinya, gunakan kalimat yang ringkas tapi jelas. Tetapi, jangan sampai ringkas yang salah kaprah, karena bisa jadi yang kamu buat itu hanya klausa, bukan kalimat.

Soal menulis kalimat yang jelas dalam Bahasa Inggris, kamu bisa pakai kosa kata yang populer. Jadi hindarilah kata-kata yang asing bagi kebanyakan orang.

Misal, utamakanlah kata use daripada utilize saat kamu mau menulis dengan arti “menggunakan”, karena use terbilang cukup populer dibandingkan utilize.

2. Pilihlah kata yang ringkas

Ini masih berkaitan dengan langkah di atas, karena kata adalah bangunan dari kalimat itu sendiri. Jadi kalau pilihan katanya sudah ringkas, otomatis bentuk kalimatnya bakal ringkas pula.

Pemilihan kata yang dimaksud di sini adalah penggunaan kelas kata seperti adverb. Contoh, saat kamu mau menulis frasa “sangat bahagia”, lebih baik menggunakan excited daripada very happy.

Inilah yang disebut penghematan kata, selama ada kata yang pendek pakailah itu. Makanya di pengetahuanmu tentang kosa kata Bahas Inggris sangat berperan di sini.

Selain itu, kamu juga mesti memilih kata yang memiliki kekuatan. Contoh, hindarilah kata very good tapi, pakailah kata lain seperti well-done, great, awesome, fantastic, amazing, amazing, atau excellent yang punya tingkat keterbacaan yang lebih kuat.

Jadi, penekanan yang menggunakan kata seperti so, very, dan really itu selain dapat memperboros susunan kata, juga tidak begitu punya kekuatan pada maknanya.

3. Sesuaikanlah panjang tulisan

Khususnya buat kamu yang mau menggubah dalam Bahasa Inggris di blog, atau di media internet lainnya. Jangan sampai kalimat yang kamu buat terlihat gemuk atau terlalu menumpuk.

Tulisan dengan kalimat yang menumpuk akan ditinggalkan pembaca digital. Karena tulisan itu terlihat menyesakkan ruang layar perangkat.

Jadi, usahakanlah untuk membagi kalimat panjang Bahasa Inggrismu itu dengan memecahnya ke dalam dua kalimat, dengan prinsip keringkasan dan kejelasan makna tentunya.

Nah, begitulah tiga langkah buat menulis dalam Bahasa Inggris. Selamat menulis!