Cara Meningkatkan Kemampuan Speaking Di Kampung Inggris Pare Kediri

By | 15/08/2019

kampung-inggris.co.id – Mau tidak mau jaman sekarang bahasa inggris sangatlah diperlukan, pasti minderkan kalo kalian kenal banyak orang dengan kemampuan yang luar  biasanya berbahasa inggris didekat kalian, namun kalian hanya mesam mesem gak jelas karena masih kesulitan dalam kemampuan speaking.

Atau lebih parah lagi jika kalian benar-benar masih salah-salah atau ragu dalam mengucapkan kalimat serta kata dalam bahasa inggris. Karena beberapa factor yang mempengaruhi kemampuan diri kalian. Memang bahasa inggris bukanlah bahasa wajib yang setiap hari kita gunakan. Namun alangkah baiknya jika kita mampu atau bisa menguasai beberapa bahasa asing.

Oleh karena itu meningkatkan kemampuan speaking itu sangat penting. Selain penting jika kalian sudah mahir dan lancar pasti akan memudahkan diri kalian sendiri untuk berkomunikasi dengan orang asing dalam situasi apapun dan dimanapun. Dibawah ini adalah cara-cara yang wajib dicoba supaya kemampuan speaking kalian makin luar biasa,

  1. Cobalah mencari partner untuk diajak berbicara

Ini dia hal yang sangat mudah untuk kalian praktekkan. Berkomunikasi dengan teman atau sahabat akan jauh lebih baik bukan? Karena kalian tidak akan merasa canggung atau malu. Bahkan kegiatan seperti ini bisa kalian lakukan dimanapun. Misal diasrama bisa saja sehabis bangun tidur, saat akan mandi atau bahakan dikamar mandi. Dimanapu tempatnya asal kalian nyaman dan partner kalian, mengerti kemampuan kalian, kemungkinan cara ini akan melancarkan keahlian speaking kalian. Namun harus di ingat jangan sampai partner kalian ternyata tidak bisa sama sekali berbahasa inggris, ini menyusahkan karena kita juga butuh orang yang bisa membenarkan atau mengkoreksi kesalahan yang kita lakukan.

 

  1. Berbicara sendiri (talk to yourself to English)

Yang satu ini mungkin sedikit horror ya. Gimana gak horror kalian berlatih speaking dengan cara berbicara sendiri. Cara satu ini termasuk cara yang lebih simple lagi sebenarnya, setidaknya setiap saat kalian bisa mencobanya sendiri.

Dengan begitu kemampuan kalian akan semakin terarahkan dan rasa percaya diri kalian akan meningkat. Dengan membiasakan hal ini tidak menutup kemungkinan kemampuan speaking kalian bisa diacungi jempol. Asal rutin dan tetap sesuai prosedur. Tidak acak acakan dan sembarangan.

strategi sukses di kampung inggris

strategi sukses di kampung inggris

 

  1. Mencoba untuk merekam dan mendengarkan suara

Untuk yang satu ini kalian harus pandai-pandai mendengarkan setiap ucapan kalimat atau kata kalian sendiri yang sebelumnya sudah direkam. Dengan begitu kalian bisa mereview mana saja kalimat atau kata-kata salah yang masih perlu benarkan. Intonasi yang jelas saat mengucapkan kalimat sangat diperlukan. Ini  juga membantu kita membiasakan diri berkomunikasi secara jelas dan terarah.

baca juga Tips Sukses Lancar Bahasa Inggris Di Kampung Inggris

  1. Mencari grup/komunitas bahasa inggris

Mencari grup pecinta bahasa terutama bahasa inggris, disinilah nanti kalian bisa menemukan teman atau partner yang setiap saat atau bisa saja setiap hari kalian ajak berbicara bahasa inggris, disini  kemungkinan besar  bisa saling berbagi ilmu saat kalian berkumpul dengan grup/komunitas. Semakin banyak referensi yang kita dapat akan semakin mudah kita mendapatkan ilmu yang berguna.

Selain itu jika kita memiliki komunitas akan menambah rasa percaya diri dan persaudaraan kita. Hubungan social itu sangat diperlukan maka dari itu cobalah mencari komunitas yang baik untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggrismu.

 

  1. Istiqomah dalam berlatih

Konsisten atau istiqomah adaklah hal yang wajib kalian pegang. Dengan begitu tidak ada lagi kata malas untuk memeprbaiki kemampuan speaking kalian. Terus latihan secara konsisten atau istiqomah akan membawa dampak yang baik untuk kita. Pada dasarnya hal ini tidak akan pernah sulit jika kita belajar untuk bertanggung jawab akan setiap hal yang sudah kita putuskan.

 

  1. Meningkatkan kemampuan grammar

Yang satu ini wajib kita miliki jangan sampai kita tidak bisa memiliki keahlian grammar. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan berbicara kita dalam hal  memperlancar serta meningkatkan kepercayaan diri. Kemampuan speaking yang kuat serta didasari ilmu grammar yang mumpuni, tidak aka nada kalimatsulit lagi dalam belajar bahasa inggris termasuk kemampuan speaking.

baca juga Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mendengarkan Lagu

  1. Meningkatkan kemampuan pronunciation

Dalam hal satu ini untuk melafalkan suatu kata atau kalimat dalam bahasa inggris bagi kita warga Negara Indonesia bukanlah hal yang terlalu sulit Karen abjatnya hampir sama dengan bahasa Indonesia namun cara bacanya saja yang  berbeda.

Agar tidak bingung disini cobalah untuk memfokuskan diri pada satu aksen bahasa terlebih dulu agar tidak kebingungan saat ingin menambah aksen bahasa yang lain.

global english pare

global english pare

  1. Intonasi

Kalian pasti paham apa itu intonasi, contohnya ketika seseorang sedang marah pasti nanda bicara atau intonasi mereka berbeda dengan keadaan normalsaat mereka tidak marah atau sedang bahagia. Begitu juga dengan orang yang sedang berpidato nadanya akan sangat berbeda dengan orang yang sedang melakukan presentasi.

Dengan adanya intonasi inilah percakapan dalam bahasa inggris atau speaking kita tidak akan terkesan aneh, kaku atau terlalu diada-ada. Berbagai macam intonasi dalam bahasa inggris dapat kita pelajari pada speaking skill agar nada bahas kita bagus untuk didengar.

 

  1. Meningkatkan vocabulary

Menambah atau bisa dibilang memampung kosa kata bahasa inggris hingga ribuan adalah kunci kesuksesan orang mahir bahasa inggris. Vocab bisa kalian pelajari terus menerus dengan mencari referensi lewat buku, Koran atau internet. Untuk meningkatkan kemampuan speaking kalian lakukan pembelajaran dengan serius dan efektif. Lakukan hal ini sebagai kunci kesuksesn speaking kalian. Jangan sampai hal ini juga menghambat kempuan speaking kalian. Semakin banyak yang terkumpul maka semakin bagus juga hasilnya

baca juga Tips Belajar Grammar Di Kampung Inggris Pare

  1. Dengarkan orang lain berbicara dalam bahasa inggris

Belajar menjadi pendengar yang baik tidak ada salahnya, ketika orang lain berbicar adalam bahasa inggris anggap saja itu adalah guru kita atau totor kita. Mendengarkan bahas inggris dari orang lain bisa kita lakukan lewat radio, tv, atau video-video diinternet. Hal ini akan membantu kita melatih pengucapan atau speaking serta aksen bahasa kita agar jadi lebih baik. Selain itu hal ini perlu dipraktekkan bukan hanya diangan-angan saja karena membaca saja tidak akan ada hasilnya untuk kemampuan speaking kita jika tidak ada praktek nyata dalam pengucapannya.

 

  1. Pelajari pengucapan kalimat yang hampir sama

Dalam hal satu ini kadang ada beberapa orang yang salah mengartikan kalimat kita karena pengucapan kita yang salah, memang dalam bahasa inggris terkadang ada beberapa hal yang terdengar sama atau hampir serupa tapi jelas berbeda dalam artinya. Untuk itu pengucapan kita jangan sampai keliru ya ilmu pronunciation lagi-lagi harus kita pelajari.

Yap! itulah beberapa contoh cara meningkatkan kemampuan speaking kalian. Terus belajar dan cobalah beberapa hal diatas supaya hasilnya maksimal jangan pernah putus asa atau menyerah. Pastikan rasa percaya diri kalian tidak luntur dan kelak akan membuahkan hasil sesuai keinginan kalian. Selamat mencoba ^-^

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *