Jadi Tutor Bahasa Inggris Diusia Muda

By | 18/08/2019

kampung-inggris.co.id – Usia muda bukanlah penghalang untuk kita bisa menjadi orang sukses, karena pada dasarnya  kesuksesan biasa datang kepada siapa saja yang bersungguh-sungguh dan giat dalam menjalankan sesuatu yang dia tekuni. Saat ini sudah banyak pengusaha-pengusaha muda yang sukses dengan usahanya.

Kesuksesan seseorang juga bisa berpengaruh positif untuk orang-orang atau rekan yang ada disekitar kita. Apalagi anak-anak muda yang sudah kreatif membuka usaha sendiri. Selain itu pendidikan yang baik akan membentuk karakter seseorang agar menjadi pribadi yang kompeten dan bertanggung jawab.

Apalagi jika kita sudah bisa mengajari orang-orang disekitar kita mengenai pentingnya semangat hidup dan pendidikan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi tutor  bahasa inggris diusia muda terkadanga hal itu sangat mustahil apalagi pendidikannya bukan sarjana melainkan lulusan SMA. Yang pasti hal ini pasti membuat keraguan kita yang akan diajar oleh tutor bahasa inggris tersebut.

Dikampung inggris pare kita kan dengan mudahnya menjumpai tutor-tutor muda berbakat dengan keahlian mereka yang sangat luar biasa sehingga mereka bisa mengajar ditempat kursus atau lembaga kursus yang ada di kampung  inggris. Usia mereka terkadang benar-benar masing sangat muda dan banyak diantara mereka hanyalah lulusan SMA. Kemampuan yang luar biasaitulah yang membuatmereka mampu untuk mengajar dan berbagi ilmu dengan orang lian.

Karena sesungguhnya kita memiliki kemampuan tersebut, jika kita mau bersemangat dalam mengapai sebuah mimpi dan cita-cita . menjadi tutor muda bukanlah hal yang mudah apalagi untuk mendapatkan gelar tersebut, banyak  hal yang harus kita persiapkan terutama untuk kemampuan dan pemahaman kita mengenai bahasa inggris, namun jika kita sudah berbakat atau mahir hal ini akan lebih memudahkan kita.

Jika kalian memiliki mimpi untuk menjadi tutor muda berbakat cobalah untuk melakukan hal berikut ini,

  1. Kuasai materi bahasa inggrismu

Menguasai materi bahasa inggris sangatlah penting karena kita tau, tidak mungkin seorang guru memiliki kemampuan yang minim dalam menyampaikan materi. Oleh karena itu terus belajar dengan sungguh-sungguh agar kalian mudah memahami seluk beluk materi yang akan kalian sampaikan kelak untuk murid-murid kalian. Jangan sampai kalian bermalas-malasn hal ini akan mematahkan keinginan kalian  untuk menjadi tutor yang bisa dibangakan.

 

  1. Kembangkan selalu potensi yang ada pada dirimu

Mengembangkan potensi diri kita merupakan hal yang wajib kita lakukan, ini adalah kunci kesuksesan seseorang jika ingin menjadi pengajar dengan bakat yang luar bias. Apalagi jika berhubungan dengan bahasa asing seperti bahasa inggris. Potensi diri kita harus kita ketahui dan kita kembangkan jangan sampai kita menjadi pribadi yang kurang mengenal potensi diri kita sendiri. Hal yang sangat luar bias ajika kita bisa menjadi pengajar muda dengan keahlian yang mumpuni.

 

  1. Buatlah tujuan yang memotivasi

Membuat tujuan hidup yang bisa kita jadikan motivasi setiap hari adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena setiap kita mengingat tujuan baik kita, secara tidak langsung kita akan termotivasi untuk bangit dari hal-hal yang berbau negative. Dengan adanya tujuan ini kita tidak akan malas dan terus terpancing atau terpacu untuk meraih segala impian kita.

baca juga Kampung Inggris Bukan Tempat Ajaib

  1. Meningkatkan kompetensi social

Kompetensi social sangat berhubungan erat dengan orang yang ingin menjadi seorang guru atau tutor. Berkomunikasi secara lisan, tulisan, atau isyarat harus kita kuasai, mencoba menggunakan teknologi komunikasi secara fungsional harus kita terapkan,( mencoba bergaul dengan peserta didik atau murid, sesama tutor atau pengajar, pimpinan tempat kursus, bergaul dengan santun kepada  masyarakat sekitar area tempat kursus mengindahkan norma yang berlaku, dan  menerapkan prinsip persaudaraan dengn siapapun agar tercupta kompetensi social yang baik.

 

  1. Meningkatkan kompetensi kepribadian diri

Dalam hal ini merupakan bagian penting untuk kita siapapun itu walaupun bukan tutor atau guru tapi kit aharus mengembangkan kompetesi keptibadian kita yang meliputi: berakhlak mulia, berusaha arif dan bijaksana, memiliki kewibawaan, berusaha terus stabil, dewasa dan  jujur, mampu menjadi teladan bagi peserta atau murid dan masyarakat, berusaha objektif mengevaluasi kinerja sendiri, dan pandai mengembangkan diri secara mandiri

 

  1. Hindari hal-hal yang merugikan

Menghindari hal-hal yang merugikan seperti menghabiskan waktu hanya untuk bersantai tanpa belajar, kurang bisa melawan rasa malas pada diri kita sehingga sering mengeluh dan tidak mau berusaha, dll. Karena itu cobalah untuk menghindari beberapa hal yang bisa memicu kejadian buruk yang akan merugikan waktu kita . jika ingin menjadi tutor yang berbakat bermalas-malasan bukanlah cara yang baik.

 

Beberapa hal diatas bisa membantu kita untuk lebih meningkatkan kualitas diri. Menjadi tutor dengan segala keunikan dan ciri khas yang dimiliki masing-masing pribadi. Hal yang sangat penting untuk kita agar selalu bersemangat dalam menjalani aktifitas kita agar tercipta hal yang positif pada diri kita. Menjadi tutor muda memang dambaan kita semua apalagi jika kita bisa membantu dan berbagi ilmu dengan orang lain.

 

Namun terkadang banyak rintangan yang harus kalian jalani. Berikut ini adalah hal yang bisa kalian lakukan dalam proses belajar agar bisa mewujudkan keinginan kalian menjadi tutor muda,

  1. Bergaullah dengan orang yang memiliki semangat belajar bahasa inggris

Memiliki teman yang bisa kita andalkan adalah dambaan kita. Teman sangat berpengaruh untuk kita dalam situasi apapun. Oleh karena itu jika kita memiliki teman yang baik dan selalu mengajari kita untuk rajin belajar pasti sudah jelas kita akan tertular virus rajin belajar mereka.

baca juga Kampung Inggris

  1. Buatlah target yang ingin kalian capai

Yap! Kali ini target kalian adalah menjadi tutor diusia muda. Tak heran terkadang banyak yang meragukan, memang bisa diusia muda kalian sudah menguasai bahasa inggris yang mencangkup banyak aspek dengan baik dan benar. Maka dari itu kalian harus semangat untuk mematahkan pemikiran negatif orang lain tentang cita-cita kalian. Buatlah target belajar lebih giat lagi agar semau hasil yang kalian perjuangkan kelak bisa dibanggakan.

 

  1. Aturlah waktu belajar kalian

Mengatur waktu belajar akan jauh lebih baik daripada kalian harus belajar dengan seenaknya. Dengan jadwal belajar yang efektif dan konsisten tidak akan diragukan lagi proses  belajarbahasa inggris kalian akan jauh lebih baik. Maka dari itu mulai sekarang cobalah membuat hal baru mengenai jadwal belajar kalian agar semuanya berjalan dengan lancar.

 

  1. Tundalah kesenangan diawal

Dengan memunda kesenangan diawal akan meghasilkan semangat belajar yang luar biasa. Sebagai orang yang inggin menjadi tutor berbakat pasti membutuhkan pengalaman yang banyak, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian hal ini bisa kalian jadikan kunci untuk meraih mimpi dan harapan kalian. Jangan mengawali bersenang-senang sebelum jatuh bangun untuk berjuang dalam proses belajar.

 

Itulah beberapa hal yang bisa kalian lakukan, menjadi tutor bahasa inggris di usia muda yang membanggakan. Silahkan dicoba semoga bermanfaat. ^-^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *