Masih Bingung Pilih Program di Kampung Inggris? Tips – Tips Berikut Ini Bisa Kamu Ikuti Biar Ngga Salah Jalan Saat Memilih Program Kursus!

By | 16/06/2019

global english pare

Ketika ditanya sama teman, orang tua, keluarga, bahkan sampai customer service mau ambil program apa, tapi ngga bisa jawab? Pengen ambil program ini, tapi… tapi… dan masih banyak banget tapinya.

Pada dasarnya, semua lembaga kursus yang ada di kampung Inggris memiliki program dan materi yang sama kok. Mungkin perbedaannya terletak dari cara atau metode penyampaian materi dari tutor (pengajar) ke para pelajarnya saja.

Apakah kamu tipe orang yang saat ini sedang mengalami kebingungan dalam memilih program kursus? Jika iya, maka simak yuk tips – tips berikut ini biar kamu yakin dengan program yang bakalan kamu ambil.

  1. Passion dan potensi

Ini nih yang paling penting. Bahasa Inggris mempunyai pengertian yang sangat luas. Kamu pasti tau saat pelajaran atau materi bahasa Inggris mana yang sangat kamu sukai, yang membuat kamu selalu bersemangat melewatinya, dan yang selalu kamu tunggu – tunggu kehadiran materi pelajaran tersebut. Apakah saat materi speaking (berbicara), grammar (susunan kata), pronounciation, vocabulary & expression, debat, diskusi, atau kalau bisa kamu ambil program yang lengkap saja karena agar kamu bisa menguasai bahasa Inggris sedetail – detailnya. Gali potensi yang ada dalam dirimu sebanyak dan sebisa mungkin ya?

  1. Kepribadian

Setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda – beda. Dan kepribadian itu memiliki hubungan yang cukup erat dalam memilih program. Dengan kamu mengetahui kepribadian kamu, akan semakin memudahkan dalam memilih program. Menurut John Holland, kepribadian dapat dibedakan menjadi 6 (enam) kelompok, yaitu : kepribadian realistis atau nyata (realistic), kepribadian pemikir (thinker), kepribadian berjiwa seni (creator), kepribadian penolong (helper), kepribadian menguasai orang lain (persuader), dan kepribadian terorganisir (organizer).

  1. Peluang di masa depan

Tujuan setelah kamu selesai kursus harus kamu pikirkan juga, jangan dianggap sepele. Coba ingat saat kamu masih kecil, saat ditanya ayah, ibu, guru, dan juga teman – temanmu apa cita – cita kamu setelah dewasa nanti? Pasti ada yang menjawab jadi dokter, guru, pilot, polisi, masinis, dan lain sebagainya. Masak iya setelah kamu dewasa kamu tidak tahu ingin menjadi apa? Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui setelah lulus dari kampung Inggris kamu ingin menjadi apa? Misalnya saja nih, jika kamu ingin menjadi tutor atau pengajar bahasa Inggris, kamu bisa ambil program teaching clinic di global English pare. Jadi setelah lulus kamu akan menjadi seorang tutor beneran.

  1. Waktu

Setelah itu, kamu harus benar – benar mempertimbangkan waktu yang kamu miliki dan kamu harus memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin. Contoh kecilnya saja nih, saat liburan kuliah telah tiba, biasanya kamu mempunyai waktu libur panjang kurang lebih 2 bulan. Nah, setelah 2 bulan waktu berlalu, tiba – tiba kamu merasa enggan meninggalkan kampung Inggris, sehingga kamu mengambil program 3 bulan dan kamu memaksakan diri memperpanjang jatah programmu. Bukannya tidak boleh sih kamu berlama – lama tinggal disini, akan tetapi semua akan kacau sehingga kamu tidak bisa fokus. Yang 1 bulan selanjutnya tentunya akan mengganggu jadwal kuliah formal kamu kan yaa?

  1. Biaya

Dari semua hal diatas, kamu perlu juga mempertimbangkan budget atau biaya. Bila kemampuan financial orang tua kamu atau kamu sendiri (bagi yang sudah bekerja) tidak sebanding dengan program yang akan kamu ambil, maka program kursus di kampung Inggris juga bisa menjadi kendala nantinya. Nah, oleh sebab itu semaksimal mungkin sesuaikan keinginanmu dengan financial kamu atau financial orang tua kamu ya? Jangan sampai keinginan kamu menjadi beban untuk mereka.

Nah guys gimana nih? Ternyata memilih program ngga semudah apa yang dibayangkan yaa? Semoga tips – tips yang tadi bisa membantu kamu dalam memilih program yaa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *