Beranda News Masih Gugup dan Ngga PeDe Berbicara Bahasa Inggris di Depan Umum? Yuk,...

Masih Gugup dan Ngga PeDe Berbicara Bahasa Inggris di Depan Umum? Yuk, Ikuti Tips – Tips Ala Kampung Inggris Berikut!

15
0
keluarga besar kampung inggris

Penting bagi setiap orang untuk berkomunikasi satu sama lain. Ada begitu banyak dan bermacam – macam bentuk berkomunikasi, salah satu diantaranya adalah public speaking atau berbicara di depan umum. Akan tetapi, tak sedikit pula yang memiliki masalah dalam public speaking dan tentunya hal tersebut mempunyai dampak yang negative terhadap diri masing – masing. Padahal public speaking atau berbicara di depan umum adalah sesuatu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang. Bahkan, berbicara di depan umum pun sudah cukup sering kita praktekkan di bangku sekolah dan juga kuliah.

public speaking global english pare

Sebenarnya,banyak orang sudah cukup matang dalam ilmu bahasa Inggrisnya. Akan tetapi, mereka belum terampil dalam berbahasa Inggris. Sehingga hal tersebut menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa kurang Pede (Percaya Diri). Jika kamu mengalami hal tersebut, cobain nih tips – tips dari kampung Inggris biar rasa percaya diri kamu semakin meningkat.

  1. Mulai dari hal yang sederhana

Jika kamu bingung harus memulai dari mana, kamu bisa saja memulai dari hal – hal yang paling kecil dan sederhana. Mungkin secara teori sudah banyak kamu dapatkan dan mungkin saja sudah kamu pahami, akan tetapi untuk menerapkan dan mempraktekkan terkadang masih sangat sulit dalam hal speaking atau berbicara. Kamu bisa membuat kalimat sederhana dengan vocabulary yang kamu miliki, dan kemudian praktekkanlah di depan cermin.

  1. Berpikir positif

Tidak sedikit orang yang merasa takut saat berbicara di depan umum, penyebabnya adalah karena pikiran mereka sendiri. Maju ke depan saja belum, tapi sudah berpikir bahwa akan gagal, ditertawakan, bahkan di kritik pedas oleh para audience. Nah, solusi yang paling tepat adalah mengusir pikiran – pikiran negative dan beri diri kamu sendiri sugesti bahwa kamu akan berhasil dalam public speaking ini.

  1. Kamu harus punya gaya bicara sendiri (Be yourself)

Banyak orang yang ketika berbicara di depan umum mengikuti gaya bicara orang lain karena merasa tidak cukup percaya pada dirinya sendiri. Padahal hal tersebut adalah hal buruk ketika dilakukan karena bisa jadi mengikuti gaya bicara orang lain pasti akan terlihat tidak cocok. Be yourself ya guys, kamu tidak perlu merubah dirimu menjadi orang lain, cukuplah menjadi diri sendiri agar kamu merasa nyaman saat berbicara.

  1. Meningkatkan kemampuan speaking dengan cara banyak mendengar dan mengulangi

Mendengar adalah salah satu cara yang bisa meningkatkan kemampuan speaking lhoo. Bagaimana tidak? Semakin banyak kita mendengarkan semakin banyak pula kosa kata yang kita miliki. Lalu kita bisa mengulangi kosa kata – kosa kata yang kita dengar tadi. Ulangi kosa kata baru dengan beberapa kali sehingga sampai mendapatkan pronounciation (cara pengucapan) secara benar dan tepat.

  1. Cari teman, latihan dan banyak praktek

Kamu perlu melakukan praktek secara terus menerus. Kamu bisa berlatih seorang diri ataupun bersama temanmu. Berlatih seorang diri memang baik, akan tetapi akan jauh lebih baik jika kamu mempunyai teman berlatih yang bisa saling mengoreksi saat terjadi kesalahan. Tapi jangan sampai pilih teman yaa guys, pilihlah teman yang mempunyai tujuan yang sama denganmu agar tujuan praktek meningkatkan percaya diri di depan umum bisa diwujudkan.

  1. Jangan takut salah

Kesalahan adalah guru terbaik kita. Tanpa pernah melakukan suatu kesalahan, maka kita tidak akan pernah tahu bagaimana untuk menjadi benar. Dengan adanya kesalahan, maka kita bisa mempelajarinya agar tidak melakukan hal yang sama lagi. Jangan pernah takut salah saat berbicara di depan umum, dan jangan pula marah ataupun tersinggung jika ada yang mengkritik. Karena sebuah kritikan bisa kamu jadikan evaluasi untuk memperbaiki diri agar bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya. semakin banyak kamu berlatih dan praktek di depan umum, maka semakin besar pula kesempatan untuk memperkecil kesalahan – kesalahan yang ada.

Well guys, seperti itulah tips – tips yang bisa kami berikan. Semua tips tersebut tidak akan pernah ada artinya jika kamu tidak memiliki niatan untuk mempraktekkannya. Dengan niat dana kemudian mempraktekkannya, kamu akan semakin terbiasa berbicara di depan banyak orang, sehingga rasa takutmu pun akan hilang dan berubah menjadi rasa percaya diri yang tinggi.

Kuy guys jadi seseorang yang lebih baik lagi dan berani berbicara di depan umum! J

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here