Menjadi A Smart Bicyclist Ratusan Warga Kampung Inggris Ikrarkan Janji

By | 06/08/2019

Menjadi A Smart Bicyclist Ratusan Warga Kampung Inggris Ikrarkan Janji

PARE- Ratusan warga Kampung Inggris yang terdiri dari keluarga besar Global English Pare ikrarkan sumpah menjadi A Smart Bicyclist (pengendara sepeda yang cerdas). Ikrar tersebut didengungkan berbarengan dengan perayaan World Bicycle Day yang digelar oleh Global English, Kamis (19/4) lalu.

Dalam hal ini Global English mencoba untuk menjadi pionir untuk mengampanyekan Safety Cycling (bersepeda yang aman). Hal tersebut sangat ditekankan karena hampir seluruh warga yang belajar di Kampung Inggris adalah pengguna sepeda.

Sayangnya, beberapa dari mereka dirasa belum mampu menjadi pengendara yang cerdas. ”Oleh karena itu, sebagai salah satu tempat kursus terbesar di Kampung Inggris, Global English harus menjadi pelopor cara bersepeda yang baik dan benar,” ujar Ahmad Muarif, ketua Panitia Safety Cycling 3.0 Global English.

Pria yang akrab disapa Mr. Arif itu juga menambahkan bahwa dia sering menjumpai beberapa pengendara sepeda yang tidak mempedulikan keselamatan. Dia menuturkan bahwa ada pengendara yang suka memakai headset, menyeberang tanpa memperhatikan sekitar, bahkan ada yang melaju di lajur yang berlawanan. ”Itu sebagian kecil dari beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat berkendara sepeda,” imbuh Mr. Arif.

Di samping itu, Hari Restu Septi Aji, salah satu finalis Duta Sepeda Kampung Inggris menuturkan bahwa kegiatan seperti Safety Cycling harus digelar terus setiap tahunnya. Dia merasa kegiatan seperti ini sangat penting untuk digelar di Kampung Inggris. ”Harapannya, setelah kegiatan ini, banyak member yang sadar akan keselamatan dan kepedulian terhadap sesama dalam berkendara sepeda,” tandas dia.

Dengan menjadi smart bicyclist, imbuh pria yang kerap disapa Hari itu, kita telah berupaya dalam melindungi diri sendiri dan banyak orang. Saling mengingatkan satu sama lain merupakan perkara wajib yang harus kita lakukan.

Hari juga mengatakan bahwa kita harus menjadi contoh bagi pengendara sepeda lain dimulai dengan diri kita sendiri. Hal-hal kecil yang bisa dilakukan dari diri sendiri bisa perubahan besar khususnya di Kampung Inggris ini. ”It’s really a simple thing but giving big impact for us,” tandasnya serius.

Untuk diketahui, ikrar tersebut diucapkan di penghujung acara Safety Cycling 3.0. Sedangkan Safety Cycling merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Global English. Saat ini, acara yang sama telah digelar ketiga kalinya.

Ikrar menjadi pesepeda yang baik diucapkan dengan dipimpin oleh dua Duta Sepeda Kampung Inggris yang terpilih siang itu. Ikrar tersebut berisi janji yang menyatakan bahwa semua pengguna sepeda harus peduli dan mengikuti aturan yang berlaku.

Berikut bunyi dari ikrar janji pengendara sepeda yang harus dipegang teguh oleh semua pengendara sepeda: “I am a smart bicyclist. I take pride in cycling with respect. I am ready to be role model for others.  I will share the roads and it starts from me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *