Penggunaan Gerund yang wajib kamu pahami

By | 26/05/2019

Penggunaan Gerund yang wajib kamu pahami

Buat kamu yang sudah pernah mengambil kelas Grammar di Kampung Inggris atau lembaga kursus lainnya mungkin sudah nggak asing lagi dengan Gerund. Menurut Oxford Dictionary, gerund adalah kata kerja berakhiran –ing yang difungsikan sebagai kata benda. Contohnya kalimat, “Writing is my hoby.” Meskipun akarnya adalah kata kerja, tapi kata “writing” pada kalimat itu termasuk dalam kata benda yang menduduki subyek. Gerund kerap digunakan dalam berbagai variasi kalimat. Untuk lebih jelasnya, berikut 7 penggunaan gerund dalam bahasa Inggris yang wajib kamu ketahui.

  1. Menjadi Subyek

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gerund dapat menempati posisi pelaku dalam sebuah kalimat atau yang biasa disebut subyek. Misalnya, “Running keeps us fit,” (lari dapat membuat kita tetap sehat). Syarat utama sebuah kalimat minimal terdiri dari Subject dan Verb (S+V). Pada kalimat itu “Running” berkedudukan sebagai subject (gerund) dan “keeps” menjadi verb.

  1. Sebagai Obyek

Selain itu, gerund juga dapat menempati posisi obyek atau pihak yang dikenai pekerjaan. Contoh, “We enjoy watching television.” Kata “watching” (gerund) pada kalimat itu menempati posisi obyek. Tapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua kata kerja bisa diikuti gerund. Beberapa kata kerja yang dapat diikuti disebut dengan certain gerund, seperti admit, advise, choose, continue, delay, dan sebagainya.

  1. Objek Kata Depan

Gerund juga menjadi salah satu anggota dari obyek kata depan (object of preposition) selain kata benda (noun), frasa kata benda (noun phrase), dan kata ganti (pronoun). Pada kalimat “She is fond of dancing” (dia gemar menari), kata “dancing” (gerund) berfungsi sebagai obyek dari kata depan “of.” Masih ingat apa saja kata depan dalam bahasa Inggris selain “of?” Ya betul, in, on, at, to, dan lain-lain.

 

Lihat selengkap nya Tips Lancar Bahasa Inggris dalam Waktu Singkat!

  1. Pelengkap Subjek

Selain tiga di atas, gerund juga digunakan sebagai pelengkap subyek (subjective complement). Sehingga kata “cleaning” pada kalimat “Her job is cleaning room,” berfungsi sebagai pelengkap subyek (Her) dan bukan obyek. Kenapa bisa begitu? Karena gerund pada kalimat itu merujuk pada subjek. Sedangkan “is” pada kalimat itu berfungsi sebagai verb penghubung (linking verb) yang menghubungkan subyek dengan pelengkapnya.

  1. Bermakna Pasif

Gerund yang terletak dibelakang kata need, want, deserve, dan require memiliki arti pasif. Berikut contoh kalimatnya, “The wall needs painting” (dinding itu perlu dicat), “the flowers want watering” (bunga-bunga itu perlu disiram), dan “He didn’t deserve punishing” (dia tak layak dihukum).

  1. Diletakkan Setelah Kata “No…”

Ketika jalan-jalan ke tempat umum, mungkin kamu pernah menjumpai susuan kata yang memuat gerund, seperti “No parking” atau “No smoking.” Keterangan ini disebut dengan larangan singkat (short prohibition). Rumusnya terdiri dari “No” diikuti gerund yang bermkna larangan (dilarang parkir, dilarang merokok, dan sebagainya).

  1. Keterangan Tambahan

Dalam kalimat bahasa Inggris, gerund juga dapat dijadikan sebagai keterangan tambahan (apposition). Dalam kalimat “Her favourite exercise, swimming, makes her strong,” gerund yang merujuk kata “swimming” berfungsi sebagai penjelas atau keterangan tambagan dari subyek “Her favourite exercise.” Ambillah program Grammar di Kampung Inggris untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai apposition,

  1. Membentuk Kata Bermakna Negatif

Terdapat beberapa kata yang apabila diikuti gerund maka bermakna negatif. Kumpulan kata itu ialah endure, stand, dan bear. Contohnya, “He can’t endure being disturbed” (dia tak tahan digangu), “She can’t stand watching that movie” (dia tak tahan menonton film itu), dan “His sentence won’t bear repeating” (perkataannya tak pantas diulangi).

  1. Mensifati Kata Benda

Fungsi lain dari gerund, saat diletakkan di depan kata benda, maka akan memberi sifat pada kata itu. Biasanya antara gerund dan kata benda tersebut diberi tanda penghubung. Semisal, “dancing-teacher” (guru tari), “boiling-point” (titik didih), dan “walking-stick” (tongkat untuk berjalan). Paham kan?

Belajar grammar memang gampang-gampang susah, gerund salah satunya. Kalau nggak mengerti dengan baik, mungkin kamu akan bingung dan keliru menempatkan posisinya, apakah sebagai subyek, obyek, pelengkap atau keterangan lainnya. Semoga artikel ini bisa membantumu memahaminya secara ringkas. Kamu kamu ingin mempelajari gerund  dan materi Grammar lainnya, datang saja ke Kampung Inggris, Penggunaan Gerund yang wajib kamu pahami.

 

Sumber materi: Buku English Map Concept (Hadi S.)