Persiapan Sebelum Berangkat ke Kampung Inggris Part1

0
374

Kampung Inggris sudah dikenal masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke sebagai tempat kursus belajar bahasa Inggris. Kamu pun pasti sudah cari info kesana kemari dan baca banyak artikel tentang Kampung Inggris. Bahkan, mulai tertarik untuk ikut daftar di pembukaan pendaftaran selanjutnya. Tapi apa kamu sudah pikirkan matang-matang? Terutama buat kamu yang tinggal di luar Jawa. Jelas kamu butuh Persiapan Sebelum Berangkat ke Kampung Inggris.

Persiapan Sebelum Berangkat ke Kampung Inggris

Bukan berarti mereka yang tinggal di Pulau Jawa tidak perlu persiapan. Bagi kamu yang tinggal di salah satu daerah di Pulau Jawa, tak kalah penting untuk melakukan beberapa persiapan apalagi buat kamu yang masih mahasiswa (harus maha hemat juga kan?!). Emang yang utama dan pertama kamu pastinya butuh biaya. Tanpa uang kamu nggak bisa ikut program kursus, itu jelas. Tapi ada banyak hal-hal lain yang perlu kamu persiapkan juga sebelum memutuskan untuk berangkat belajar ke Kampung Inggris.
Apa saja? Mari kita kupas satu per satu'

Persiapan Sebelum Berangkat ke Kampung Inggris
Persiapan Sebelum Berangkat ke Kampung Inggris

WAKTU

Buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Kampung Inggris jelas hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah waktu. Karena program yang disediakan di Kampung Inggris merupakan program SUPER INTENSIF dengan minimal waktu belajar satu minggu. Nah, buat kamu yang sudah bekerja, siapkan waktu untuk datang, tinggal, dan belajar di Kampung Inggris. Ambil cuti sebisa mungkin dan cobalah untuk benar-benar fokus hanya untuk belajar ketika berada di sana. Jauhkan diri dari kesibukan di kantor atau matikan ponsel supaya tidak banyak mendapat telepon ketika sedang sibuk mendalami materi.

Buat kamu yang masih sekolah dan mahasiswa, kamu bisa pakai liburan semester kamu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dan salah satunya adalah ikut program di Kampung Inggris. Jadi, nggak melulu liburan kesana kemari, posting foto di instagram, nonton tv atau maraton film. Usai liburan, kamu pasti dapat value karena kamu liburan tapi tetap dapat ilmu.
Sesuaikan waktu kamu luangkan (yang kamu punya) dengan daftar program yang ditawarkan di tempat kursus tersebut. Cari yang sesuai dan cocok denganmu. Umumnya, kalo kamu ingin lancar berbahasa Inggris dua minggu lumayan cukup. Itu pun sudah sesuai dengan biya transport, makan, dan penginapan yang sudah kamu keluarkan. Jadi, tidak terlalu lama tapi juga tidak terlalu singkat. Tapi alangkah lebih baik, kalo kamu punya rejeki berlebih ambil program yang sebulan. Makin lama kamu belajar di Kampung Inggris, tentunya tingkat kelancaranmu lebih tinggi dibanding mereka yang hanya belajar selama seminggu di sana.

Penginapan

Banyak tempat kursus yang menawarkan Camp English. Maksudnya, biaya yang kamu bayarkan sudah termasuk penginapan. Jadi, sesampainya di sana kamu tidak perlu repot-repot untuk cari penginapan lagi. Biasanya dalam satu kamar diisi 3-4 orang. Peraturan umum yang ada di Camp English adalah wajib berkomunikasi dengan bahasa Inggris selama berada di situ. Dengan kata lain, kamu akan terpapar bahasa Inggris selama 24 jam dalam sehari, dikali berapa hari lamanya kamu tinggal di sana. Jelas, hal ini membuatmu makin lancar!
Tapi kalau kamu nggak nyaman berbagi dengan orang baru, kamu bisa cari penginapan di luar. Tentunya, kamu harus mencari (entah sebelum kedatangan atau sesampainya di sana). Namun, harganya pun juga terjangkau jadi kamu nggak perlu khawatir. Pilihlah yang sesuai dengan budget.

Kalo dilihat dari keuntungannya, jelas lebih baik memilih program yang langsung memberikan penawaran Camp English. Selain lebih efektif waktu, juga kalo dihitung-hitung lebih hemat. Kamu bisa tetap melatih kemampuan listening and speaking, plus dapat teman baru! Siapa tau kamu bisa dapat sahabat atau jodoh di sana! 🙂 Persiapan Sebelum Berangkat ke Kampung Inggris selanjut nya akan kami bahas di part 2.

Baca Juga: