Potret Metode Belajar di Kampung Inggris, Alternative Belajar Mudah dan Menyenangkan Sambil Liburan

By | 20/06/2019

kampung-inggris.co.id - Belajar bahasa Inggris selalu identik dengan meja, bangku, ruang kelas, buku catatan, buku pelajaran, kamus yang super tebal, alat tulis, dan guru.

Kalau sudah begitu pasti rasanya malas, ngantuk, dan bosan diaduk menjadi satu, apalagi tipe pelajaran yang satu ini cukup menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang.

Meskipun begitu, ternyata ada juga lho tempat belajar yang justru akan membuat kamu merasa senang. Di kampung Inggris tempatnya. Kamu pasti sering mendengar kan tentang kampung Inggris?

Siapa sih yang ngga kenal sama kampung Inggris? Metode belajar di tempat ini sudah sangat membahana ke seluruh penjuru nusantara bisa menguasai bahasa Inggris dalam waktu yang relative singkat, sangat berbeda dengan metode belajar seperti di tempat pendidikan formal ataupun di lembaga kursus pada umumnya.

Konsep belajar di kampung Inggris adalah konsep pendidikan dari Mr. Kalend Osen bahwa pendidikan bahasa Inggris yang murah meriah dan merakyat. Karena kita bisa mengamatinya sendiri kan kalau biaya pendidikan di zaman sekarang ini tidak terjangkau oleh tiap kalangan.

Walaupun dengan bangunan yang sederhana, selama ada tutor atau pengajar, serta ada semangat dari para siswa – siswinya, kegiatan belajar akan tetap belajar secara kondusif.

Jadi bukan pemandangan yang asing lagi jika terkadang terlihat para siswa – siswi belajar di pelataran sawah, di lapangan, di taman – taman kota seperti alun – alun dan jug ataman kilisuci Pare. Karena semua tempat bisa dijadikan tempat untuk memperoleh materi program.

Suasana belajar menjadi semakin santai dan tidak kaku sehingga membuat para siswa – siswinya yang awalnya takut dengan bahasa Inggris menjadi nyaman dan menikmati dengan bahasa yang dianggap sebagai momok tersebut. Tapi jangan ngira santai berarti tidak serius lhoo! Meskipun suasananya santai tapi lebih memungkinkan para siswa – siswi untuk menyerap ilmu yang disampakan.

Tidak seperti di tempat pendidikan formal pada umumnya deh ya? Biasanya yang disebut seorang guru di sekolah kamu adalah mereka yang usianya lebih tua dari kamu kan? Akan tetapi di kampung Inggris sangatlah berbeda, seorang tutor atau pengajarmu adalah mereka yang masih muda belia.

Mungkin ada yang seumuran dengan kamu atau justru malah dibawah kamu. ABG bgt kan? Tapi soal kemampuan jangan diragukan lagi! Para tutor tentunya juga sangat berpengalaman dibidangnya meskipun masih tergolong muda.

Para tutor juga selalu punya banyak cara untuk membuat para siswa – siswinya bersahabat dengan yang namanya bahasa Inggris. Tidak selalu berfokus dengan disuruh hafalan – hafalan yang justru membuat siswa – siswinya suntuk dan bad mood.

Akan tetapi para tutor akan membuat semacam game (permainan) sehingga membuat mereka bersemangat dalam menjalani aktivitas belajar. Membuat lagu – lagu yang berisikan materi – materi, sehingga memudahkan mereka dalam menghafalkan sesuatu.

Tidak hanya itu saja. Jika biasanya kamu di sekolah atau di kampus diwajibkan mencatat semua materi yang ada di papan tulis atau di layar proyektor.

Di tempat ini tidak seperti itu, mencatat hanya seperlunya saja, sisanya kamu akanlebih banyak mempraktekkan apa yang telah disampaikan.

The more you practice, it better, semakin kamu banyak praktek, itu semakin baik. Bukankah begitu teman?

Selanjutnya tentang punishment atau hukuman. Jika disekolah – sekolah pada umumnya kamu melakukan suatu kesalahan kamu akan dipanggil oleh guru BK dan kemudian mendapat hukuman seperti berdiri ditengah lapangan sambil hormat bendera seharian, lari – lari keliling lapangan sambil membawa tulisan

saya berjanji, tidak akanmengulanginya lagi”, berdiri kaki diangkat sambil jewer telinga di depan kelas, mencabuti rumput, memunguti sampah, sampai membersihkan toilet, dan lain sebagainya yang ngeri – ngeri hukumannya.

Di kampung Inggris kamu tidak akan diperlakukan seperti itu, melainkan kamu disuruh memperbanyak hafalan vocab, wajah kamu akan dicelontengi dengan taburan bedak seperti badut, dan juga disuruh melakukan speech atau pidato di depan umum.

Hukuman – hukuman yang ada akan membuatmu semakin menguasai bahasa Inggris dan juga menambah tingkat rasa percaya dirimu bukan?

Nah yang terakhir, jika weekend tiba kamu bisa menghabiskan waktu untuk refreshing, bersepeda berkeliling Kampung Inggris dan juga mengunjungi tempat – tempat wisata di daerah Jawa Timur.

Sangat menarik bukan teman? Faktanya, kualitas belajar di kampung Inggris tak kalah dengan sekolah di luar negeri. Yuk buruan ke kampung Inggris teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *