Sepeda Jadi Kendaraan Utama di Kampung Inggris

By | 01/06/2019

Sepeda di Kampung Inggris menjadi kendaraan utama. Mungkin di kota kalian kendaran ini hanya digunakan sebagai kendaraan alternatif saja. Itu mungkin karena banyak orang yang lebih memilih kendaraan bermesin seperti sepeda motor, atau mobil.

Di situasi demikian, Kampung Inggris justru punya tradisi yang sebaliknya, sepeda yang menjadi kendaraan utama. Kalian bisa merasakan itu secara langsung di sepanjang jalan Kampung Inggris, ada banyak rentetan sepeda yang memenuhi jalan.

Kalau di depan indekos pada umumnya banyak motor, tetapi halaman rumah singgah di Kampung Inggris malah dipadati sepeda. Tahukah kalian kenapa tren sepeda di Kampung Inggris ini bisa demikian?

Menempuh Berbagai Tempat

Karena terletak di dua desa, maka untuk menyusuri Kampung Inggris dengan berjalan kaki tentu akan menguras tenaga. Oleh karena itu, para pelajar dan beberapa tutor membutuhkan transportasi praktis seperti sepeda.

Berbicara jarak antara tempat kursus dan asrama juga menjadi sebab lain kenapa sepeda dibutuhkan di Kampung Inggris. Hal itu lantaran jarak antara asrama dan kelas tidak selalu berdekatan. Selain itu, sepeda juga digunakan untuk membeli makan, pergi ke warung, mengambil uang ke ATM, ataupun hanya untuk mengelilingi Kampung Inggris.

Sudah Jadi Tradisi

Sepeda kayuh sudah menjadi kebiasaan lama bagi masyarakat Kapung Inggris, yang pada awalnya digunakan sebagai solusi bagi para pelajar atas sulitnya kendaraan umum hingga saat ini. Maka jangan heran kalau kalian ke Kampung Inggris terus melihat banyak para pelajar yang bersepeda di sepanjang jalanan besar atau pun di gang kecil.

Kendaraan Andalan Pelajar

Para pelajar dari luar Jawa di Kampung Inggris tidak membawa kendaraan pribadinya. Sehingga mereka harus menyewa kendaraan yang bisa mendukung kegiatannya selama belajar di sana. Dengan tarif sewa yang ekonomis, menjadi solusi bagi para pendatang untuk memilih sepeda.

Bagi sebagian pelajar yang datang dari kota besar, menggunakan sepeda ini sebagai cara untuk merasakan sensasi kehidupan di kampung, suatu hal yang tidak mereka temukan di kota besar.

Sebagai Ladang Rejeki

Karena para pembelajar Kampung Inggris tak pernah habis, maka penyewaan sepeda menjadi salah satu ladang usaha buat masyarakat setempat. Banyak sekali warga yang mengorbankan halaman rumahnya untuk dijadikan pangkalan sepeda. Selain itu ada juga yang menyewa tempat di samping jalan raya.

Itulah alasan kenapa di Kampung Inggris sepeda menjadi kendaraan utama. Namun, bukan berarti transportasi lainnya tidak ada. Di Kampung Inggris pun sudah ada kendaraan daring seperti Grab. (Ana Mardiana)