Sudah Mempunyai Semangat & Motivasi, Terus Apa Lagi yang Harus dilakukan?

By | 08/08/2019

Sepertinya semua orang di zaman sekarang ini sangatlah haus akan suntikan motivasi untuk menyemangati dan membangkitkan diri mereka sendiri ketika sedang merasa terjatuh.

Memang tak salah sebenarnya mencari seorang panutan untuk dijadikan semangat dan motivasi. Akan tetapi semangat dan motivasi itu tidak hanya berasal dari orang lain saja, melainkan juga perlu dibangun dari dalam diri sendiri.

Ini nih buat kamu yang kebanyakan motivasi tapi minim aksi, coba deh lakukan hal – hal berikut ini bagaimana mengubah posisi tersebut agar lebih banyak aksi daripada motivasinya.

  1. Tenangkan diri terlebih dahulu dari semangat yang lebay (menggebu – gebu)

Memiliki semangat itu memang suatu hal yang baik, tapi jangan yang terlalu menggebu – gebu. Jangan sampai semangatmu yang terlalu menggebu – gebu tersebut justru berhenti di pertengahan jalan. Coba deh lihat para peserta lomba lari, mereka pada awalnya mulai berlari perlahan – lahan kan untuk menghemat tenaga agar tidak kehabisan tenaga di pertengahan jalan serta agar bisa menyalip para kompetitornya yang sudah mulai lelah. So, kamu juga harus menerapkan hal itu terhadap semangatmu. Okay?

 

  1. Filter : Mana mimpi rasional & Mana mimpi manis?

Setelah kamu menenangkan diri kamu dan semangatmu mulai stabil, saatnya kamu membuat mind mapping atau pemetaan pikiran yang bertujuan untuk membantumu dalam merealisasikan mimpi atau harapanmu. Saring atau pisahkan antara mimpi yang benar – benar rasional (masuk akal) dan mana yang hanya sebatas mimpi manis. Jika sudah, maka fokuslah pada mimpi yang rasional yang akan kamu jadikan nyata.

 

  1. Sesuaikan motivasi dengan lingkungan

Tidak semua hal yang bisa diraih seseorang bisa diaplikasikan dalam kehidupanmu sehari – hari. Misalnya saja kamu melihat temanmu sukses dan meraup keuntungan jutaan rupiah dalam sebulan dengan membudidayakan ikan lele. Nah, dari kesuksesannya tersebut kamu berniat melakukan hal yang sama. Padahal jelas kamu tidak mempunyai lahan yang luas serta air di daerah tempat tinggalmu adalah air payau. Maka, itu sama sekali tidak cocok atau tidak mendukung sama sekali.

 

  1. Udah siap? Action-kan dong!

Jika semuanya sudah siap, maka jangan tunggu nanti – nanti lagi untuk memulainya. Jangan pikirkan jika gagal nanti bagaimana, yang penting kamu mau memulai dan melakukannya terlebih dahulu. Soal hasilnya, bisa dipikirkan nanti. Mimpi akan terwujud apabila disertai dengan kerja keras. Karena jika kamu mempunyai semangat saja tapi enggan untuk memulai, ya sama aja bohong dong!!

 

  1. Komitmen dengan satu tujuan terlebih dahulu

Ditengah mimpi yang sedang kamu jalankan untuk dijadikan nyata, tak menutup kemungkinan kamu ingin melakukan ini, itu, dan yang lainnya. Namun, kamu  jangan sampai tergoda. Cobalah menyelesaikan satu – persatu mimpimu terlebih dahulu. Jika satu mimpi sudah berjalan dan terealisasikan, maka boleh saja kamu melakukan dan mewujudkan mimpi – mimpi yang lain.

Well guys, semangat dan motivasi saja tidak cukup. So, selamat mencoba tips – tips diatas agar bisa mewujudkan mimpi dan juga harapanmu. Good luck ya guys 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *