Tips jago listening bahasa inggris

By | 20/05/2019

Ketika dihadapkan dengan audio berbahasa Inggris, pada umumnya respon yang kita lontarkan tidak akan jauh-jauh dari keluhan karena kalimatnya tidak jelas, karakter suaranya seperti orang kumur-kumur, atau speaker-nya bicara terlalu cepat. Padahal semestinya kamu tahu, bukan speaker-nya yang tidak memberikan kejelasan, akan tetapi pendengaran kita lah yang belum peka terhadap bahasa mereka. Lalu, bagaimana cara menumbuhkan kepekaan pendengaran kita? penasaran kan tips jago listening bahasa inggris ?

Berikut kami jelaskan Tips jago listening bahasa inggris bagi pemula.

tips jago listening

 

Baca dengan seksama tulisan ini hingga tuntas!

Banyak sekali orang-orang berdatangan ke Kampung Inggris Pare hanya untuk melatih kepekaan terhadap bahasa Inggris. Lingkungan memang menjadi faktor yang sangat kuat dalam pembentukan dan improvisasi skill, terlebih bahasa. Di sana berkumpul orang-orang yang memiliki tujuan sama dan mudah sekali mendapatkan literatur yang berkaitan dengan bahasa Inggris. Apakah kamu salah satunya, guys?

Baca juga: cara cepat belajar bahasa inggris

Eits, kalau kamu belum berkesempatan ke Kampung Inggris, jangan dulu berkecil hati apalagi bermuram durja. Seperti pepatah kuno mengatakan, banyak jalan menuju Roma, tak ada rotan akar pun jadi. Dalam artian, kamu bisa mencari alternatif lain yang bisa mengasah kepekaan listening dengan budget yang lebih hemat pula seperti beberapa hal berikut ini.

Tidak kapok mengulang audio berbahasa Inggris hingga mual.

Audio yang perlu kamu dengarkan jika masih di awal melatih kepekaan adalah podcast. Mulailah dari level rendah, perhatikan skripnya, ulang secara terus menerus meskipun bosan. Listening itu perihal kebiasaan. Jika tidak terbiasa mendengarkan, maka pasti sulit menangkap kalimat bahasa Inggris. Apalagi dari native speaker.

Nah, selain melatih kepekaan, dengan mendengarkan podcast kamu juga bakal menambah banyak vocab baru. Dengarkan terus setiap hari, maka kamu akan merasakan hasilnya ketika sudah benar-benar mual mendengar audio itu lagi.

Mengapa bukan lagu yang disarankan? Karena lirik-lirik lagu banyak yang disingkat dan menggunakan bahasa slang. Itu akan menyulitkanmu sebagai pemula.

Gunakan English subtitle saat menonton film Hollywood, jangan hiraukan alur ceritanya terlebih dahulu.

Jika banyak temanmu yang nyinyir karena nonton pakai English subtitle, abaikan saja. Bila mereka jengkel saat nonton bareng karena kamu selalu mengulangnya, itu memang tindakan yang kurang tepat. Kamu harus menonton sendiri untuk menelaah kalimat dan mencerna pronunciation-nya dengan tepat tanpa gangguan orang lain.

Pertama-tama, fokus pada setiap percakapan tokohnya, dengarkan dengan seksama. Pastikan kamu bisa menangkap setiap kata dari apa yang mereka ucapkan. Jika ada vocab yang baru kamu dengar, jangan malas buka kamus! Semakin banyak vocab yang kita miliki, maka akan semakin mudah mendengarnya.

Hal demikian memang akan memakan banyak waktu dan besar kemungkinan kamu tidak sabar menyelesaikannya. Namun jika kamu menekuninya, progress tersebut akan memberimu hasil yang luar biasa.

Dengar, kemudian tuliskan kembali!

Ada banyak aplikasi penunjang listening yang bisa kamu manfaatkan setiap hari dengan santai. Gunakan aplikasi yang memiliki layanan pendektean. Biasanya kamu akan mendengarkan sebuah kalimat, kemudian kamu diminta untuk menuliskannya kembali seperti yang terdengar dari audio.

Cara ini akan sangat membantu meningkatkan kepekaan secara lebih cepat. Dengan menuliskan kembali, memori otak tidak hanya menyimpan sekali dua kali, tapi berkali-kali. Dalam artian, apa yang kamu dengar nantinya akan bertahan lebih lama dalam ingatanmu dari pada hanya mendengarkan saja.

Tiga metode di atas bisa diterapkan sendiri wherever and whenever. Akan tetapi tentu bakal lebih komplit lagi jika kamu selalu terhubung dengan orang-orang yang juga belajar hal yang sama. Kembali pada statement awal, lingkungan sangat berperan aktif dalam penguatan skill kita.

Thus, if you eager to improve the capability perfectly, pilihlah lingkungan yang menunjang hal tersebut. Dan Kampung Inggris Pare adalah salah satu pilihan yang tepat. (Mil/GE)