Untukmu yang Sedang Berjuang di Kampung Inggris. Jangan Menyerah, Ini Sebaik – baik Pelajaran!!

By | 11/08/2019

Datang ke Kampung Inggris tidak hanya pindah rumah sementara. Melainkan lebih dari itu, datang ke Kampung Inggris berarti tentang berani mendobrak batasan, meng-upgrade diri, dan memperbarui kebiasaan.

Ketika pertama kali berada di Kampung Inggris tak heran jika kamu dipenuhi dengan rasa ragu dan takut. Banyak sekali pertanyaan yang ada di benakmu, apakah kamu sanggup jauh dari orang tua dan keluarga, apakah kamu mampu melewati segala tempaan disana, apakah sudah benarkah keputusan yang kamu ambil, dan masih banyak lagi deretan pertanyaan – pertanyaan lainnya. Benar begitu bukan?

membentuk mental baja di kampung inggris

Tak jarang pula homesick menyerang hebat membuatmu ingin kembali pulang saja kepada keluargamu dan kepada keseharian yang nyaman.

Tapi masa iya sih kamu pulang lebih awal? Itu namanya mah sudah kalah sebelum berperang dong? Apalagi dengan datang ke Kampung Inggris sebenarnya mampu mengajarimu tentang bagaimana menjadi pribadi yang sebaik – baiknya. Apa kata orang tua dan keluargamu nantinya jika kamu pulang dengan membawa tangan hampa? Berjanjilah pada mereka dan juga pada dirimu sendiri untuk tetap berjuang sampai harapanmu terwujud.

  1. Sulit beradaptasi diawal itu hal yang sangat biasa

Masa – masa awal tiba di Kampung Inggris tentunya kamu merasakan sepi dan lingkungannya sungguh sangat jauh berbeda dengan yang ada di kampung halamanmu. Kamu terasa terasingkan. Kamu menemui berbagai macam karakter, sifat, dan budaya. Kamu harus belajar bertoleransi dengan siapa saja yang kamu temui, kamu harus membuka diri dengan bersosialisasi agar kamu mempunyai teman dan tidak kesepian lagi.

 

  1. Tinggal di camp sekamar berbagi dengan beberapa orang. Itu mengajarkanmu bagaimana tidak egois dan saling berbagi

Jika biasanya ketika di rumah satu kamar kamu huni sendirian, maka saat di Kampung Inggris kamu akan belajar untuk berbagi dengan yang lainnya. Dengan berbagi, kamu bisa menjadi seseorang yang tidak egois dan peduli terhadap orang lain.

 

  1. Cari makan & laundry mesti dilakukan sendiri. Itu akan membuatmu menjadi pribadi yang mandiri

Saat di rumah sendiri, semua kebutuhan ada orang tua yang membantu menyiapkan segala sesuatunya, seperti makan, baju dicucikan, dan lain sebagainya. Tapi coba deh pikirkan, mau sampai kapan kamu akan menggantungkan dirimu kepada kedua orang tuamu? Jadi inilah saatnya kamu harus belajar untuk hidup mandiri.

 

  1. Belajar memotivasi diri

Menjalani hidup jauh dari orang tua dan keluarga bukan berarti kamu bisa sebebas – bebasnya, melainkan tanggungjawabmu juga tentunya akan semakin besar. Kamu membawa nama baik dirimu sendiri dan keluargamu. Saat kamu merasa malas dan tidak bersemangat belajar, kamu harus bisa memotivasi dirimu sendiri dan mengembalikan semangatmu bahwa kamu disini tidak untuk bermalas – malasan.

 

  1. Harus disiplin agar aktivitas tidak amburadul

Kamu harus membiasakan diri untuk mengatur segalanya. Mulai dari hal – hal yang sepele sampai yang paling penting. Kamu harus membuat to do list tentang aktivitas yang akan kamu jalani keesokan harinya dan kamu harus disiplin untuk melakukan semuanya, kemudian melakukan evaluasi pada malam harinya. Jadi, semua harus terencana agar apa yang kamu targetkan dapat terealisasi.

 

  1. Keluar dari zona nyaman memang tak mudah, tapi justru itu yangbanyak memberi berkah

Orang tua, keluarga, rumah, dan kampung halaman adalah tempat yang paling nyaman dimana tempat untuk memperoleh kehangatan keluarga, dimana kamu tidak mengkhawatirkan sesuatu ketakutan apapun.

Berbeda dengan kehidupan di Kampung Inggris yang semuanya terjadwal, banyak dan padatnya aktivitas belajar, dituntut untuk selalu disiplin, serta mandiri.

baca juga Karena Kesuksesan Tak Memandang Gelar Sarjana, Semua Orang Bisa Sukses Kok Berawal Dari Kampung Inggris

Jika dibandingkan antara hidup di rumah sendiri dengan di Kampung Inggris memang lebih nyaman di rumah sendiri. Tetapi jika dilihat dari sisi positifnya, sesuatu ketidaknyamanan bisa membuat diri kamu lebih berkembang dan menjadi pribadi yang tangguh.

perjuangan di kampung inggris

So, untuk kamu yang saat ini sedang berproses di Kampung Inggris apa kabar? Masih mengeluhkan keadaan atau fokus berjuang demi tercapainya mimpi – mimpimu? 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *